Wednesday , 17 January 2018
update
Altruisme Islam

Altruisme Islam

Altruisme adalah sikap mengutamakan atau memperhatikan kepentingan orang lain. Kebalikannya, egoisme ialah sikap mementingkan diri sendiri, tidak mau tahu terhadap keadaan orang lain. Sudah pasti, Islam mengajarkan spirit altruisme dan menolak egoisme. Sebagai bukti, semua ritual ibadah dalam Islam, pasti mendidik umat Islam untuk peka terhadap kondisi lingkungan. Tidak ditemukan perintah ibadah yang tidak mengandung pendidikan kepekaan sosial.

Islam memandang kemuliaan pribadi bukan sebatas karena rajin beribadah ritual. Rasulullah sendiri tidak mengatakan bahwa orang yang paling mulia adalah yang shalat berjam-jam, haji ratusan kali, puasa setiap hari, zakat triliunan rupiah. Bukan itu. Pribadi paling hebat atau paling mulia ternyata adalah yang paling bagus tingkah lakunya dan paling banyak manfaatnya bagi sesama. Bagusnya tingkah laku dan banyaknya manfaat, jelas berdimensi sosial, bukan individual.

Banyak pribadi mujur yang dijamin masuk surga, bukan semata karena rajin beribadah ritual. Anda tentu pernah mendengar atau membaca kisah terkenal yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan An-Nasai, dari Anas bin Malik. Diceritakan, dalam sebuah majelis, Rasulullah mengatakan bahwa sebentar lagi akan muncul lelaki calon penghuni surga. Sahabat menunggu. Tidak lama, muncullah lelaki Anshar yang janggutnya basah dengan air wudhu. Perkataan Rasulullah itu diulang di hari kedua dan ketiga. Herannya, setiap beliau mengatakan demikian, yang muncul selalu lelaki Anshar itu.

Karena tampak seperti lelaki umumnya, tentu sahabat dirundung penasaran. Salah satu sahabat yang sangat ingin tahu apa gerangan kelebihan lelaki itu ialah Abdullah bin Amr bin Ash. Singkat cerita, Abdullah tidak menemukan sesuatu yang spesial dari ibadah dan amalan calon penghuni surga itu. Lalu, apa keutamaan dia? Yang membuat Abdullah takjub, lelaki itu ternyata tidak pernah berburuk sangka. Dia juga tidak pernah menyimpan iri atau dengki kepada orang lain atas karunia yang telah diberikan oleh Allah kepadanya. Tidak berburuk sangka dan tidak pula mendengki orang lain, itulah yang membuat lelaki itu dicap sebagai penghuni surga.

Kelihatannya sederhana. Tetapi banyak orang mampu sujud dan rukuk di malam hari, tetapi dengki tetap menyelimuti hatinya. Mudah sekali berburuk sangka kepada selain dirinya. Dengan demikian, mampu membersihkan hati dari prasangka buruk dan dengki terhadap sesama, jelas keunggulan luar biasa.

Kisah lain adalah tentang sahabat bernama Abu Dujanah. Ketika Abu Dujanah sakit keras, sahabat berkunjung. Menakjubkan, kendati pucat, tetapi wajah Abu Dujanah memancarkan cahaya terang. Bahkan, hingga akhir hayatnya. Ketika ditanya apa yang menyebabkan wajahnya bercahaya, Abu Dujanah menjawab, “Ada amalan yang tidak pernah aku tinggalkan dalam hidup ini. Pertama, aku tidak pernah berbicara tentang sesuatu yang tidak berguna. Kedua, aku selalu menghadapi sesama Muslim dengan hati yang bersih.”

Anda bisa menambahkan sendiri daftar kisah serupa. Tentunya masih banyak sekali. Yang patut dicamkan, bukan berarti beribadah ritual itu tidak penting. Tetapi ritual yang tidak menghasilkan tindakan mulia secara sosial, tidak dipandang baik oleh Allah. Monggo mengkaji kembali surah Al-Maun. Siapa orang yang, dalam surah itu, dikatakan oleh Allah sebagai pendusta agama? Bukan orang yang tidak shalat, melainkan mereka yang mendirikan shalat, tetapi tingkah laku sehari-hari justru meludahi spirit ajaran shalat itu sendiri.

Nah, kini saatnya kita menata tingkah laku. Sembari itu, marilah terus berusaha menebar manfaat bagi sesama. Menebar manfaat tidak terbatas dengan harta. Banyak upaya dapat kita lakukan, sesuai kapasitas dan kapabilitas kita. Kuncinya, segala yang nanti kita upayakan harus dilandasi dengan motivasi yang benar-benar ikhlas. Jika tidak mampu menjadi mata air, minimal, kita menjadi sungai bersih yang menampung sumber air untuk kepentingan lingkungan sekitar. Kiranya itulah yang saya maksud dengan altruisme Islam

M. Husnaini (Penulis buku Menemukan Bahagia)

Leave a Reply

Scroll To Top