Tuesday , 12 December 2017
update
Bahasa Indonesia, Bahasa ASEAN

Bahasa Indonesia, Bahasa ASEAN

SURABAYA – Bahasa yang dinilai memiliki peluang besar menjadi Bahasa ASEAN yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu. Kedua bahasa tersebut dinyatakan oleh ahli layak untuk menjadi bahasa negara-negara Asia Tenggara ini.

“Baik Bahasa Indonesia maupun Melayu banyak dikuasai masyarakat ASEAN,” ungkap pakar bahasa dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Dr. Suhartono, M.Pd., Jumat (8/1).

Suhartono berkeyakinan bahwa Bahasa Indonesia memiliki potensi lebih besar menjadi Bahasa ASEAN. Hal ini oleh Suhartono dikarenakan kosakata Bahasa Indonesia banyak digunakan di bahasa negara lain, juga perkembangan bahasa Indonesia yang melejit cepat.

“Meski Bahasa Indonesialah yang paling besar penggunanya yakni mencapai 60% penduduk ASEAN, persebarannya masih kalah dibanding Bahasa Melayu. Bahasa Melayu digunakan di empat negara yakni Malaysia, Thailand Selatan, Filipina Selatan dan Brunei Darussalam,” papar Suhartono.

Ia menambahkan bahwa perkembangan Bahasa Indonesia akan semakin baik terutama berkaitan dengan MEA yang dimulai pada 2016 ini.

 

Sumber : ANTARA
Editor : SCE

Leave a Reply

Scroll To Top