Saturday , 18 November 2017
update
CIYS LUNCURKAN SEKOLAH PEMUDA ISLAM

CIYS LUNCURKAN SEKOLAH PEMUDA ISLAM

JAKARTA – Tidak akan mampu membangun peradaban bagi mereka yang tidak mempelajari sejarah peradaban. Sebagai upaya membekali pemuda dengan sejarah peradaban Islam, dilakukan launching Sekolah Pemuda Indonesia (SPI)oleh Center of Indonesian Youth Studies (CIYS) pada Sabtu (30/4). Acara ini bertempat di MD Building, TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Peluncuran Sekolah Pemuda Indonesia dilakukan oleh Ustadz Mustafa Kamal, Sekretaris Jenderal DPP PKS dan Anggota Komisi X DPR RI. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa pemuda Indonesia harus membangun tradisi intelektual semacam kajian layaknya SPI. Beliau juga melanjutkan bahwa mempelajari sejarah bukan berarti sebuah keterbelakangan.

“Dengan mempelajari sejarah, akan terbentuk perspektif yang jauh ke depan. Gerakan-gerakan yang ada saat ini tidak lain adalah produk dari kajian intelektual para pelakunya. Melalui kajian intelektual, pemuda akan semakin menggali khazanah Islam yang begitu luas,” terang Mustafa Kamal.

Sekolah Pemuda Indonesia akan dilaksanakan dua kali sepekan, Jumat dan Sabtu, selama bulan Mei. Dalam delapan kali pertemuan, peserta akan memperlajari tentang Sejarah dan Kehidupan Rasulullah, Khulafaur Rasyidin, Dinasti Umayah, Dinasti Abbasiyyah, danTurki Usmani. Seluruh sesi perkuliahan akan diisi oleh Ustadz Alwi Alatas, kandidat Doktor Sejarah dan Peradaban di Internasional Islamic University of Malaysia. Alwi juga merampungkan S1 di Jurusan Sejarah UI dan memperoleh gelar master di bidang Sejarah dan Peradaban di Internasional Islamic University of Malaysia.

“Semoga ini menjadi awal dari budaya intelektual pemuda Islam dan semoga dapat berlanjut dengan angkatan selanjutnya,” harap Ustadz Mustafa Kamal di akhir sambutannya.

 

Reporter : Vina Yusriana, KAMMI Madani
Editor : SCE

 

Leave a Reply

Scroll To Top