Monday , 16 July 2018
update
Daurah Qur’an Gabungan KAMMI Kusbang-Mataram

Daurah Qur’an Gabungan KAMMI Kusbang-Mataram

PEKALONGAN – Pengurus Komisariat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PK KAMMI) Kusumabangsa (Kusbang) dan Mataram Pekalongan baru saja selesai menyelenggarakan kegiatan Daurah Qur’an (DQ) pada Ahad-Senin (28-29/7/2013). Kegiatan ini bertempat di As-Salam Boarding School Pekalongan (ABSP). Peserta DQ ialah utusan dari KAMMI komisariat se-Pekalongan.

“Kegiatan ini minimal menjadi salah satu bentuk implementasi dari kredo gerakan KAMMI, bahwa keseharian kader dihiasi dengan tilawah dan zikir,” ungkap Ketua Umum PK KAMMI Kusbang Asep Setiawan dalam sambutannya ketika membuka kegiatan.

Selain itu, DQ ini juga bagian dari program kerja Departemen Kaderisasi untuk mengupayakan sebuah pembinaaan berkala untuk para kader KAMMI, lanjutnya.

Beberapa materi khusus yang disajikan dalam DQ kali ini adalah: Muqaddimah Ulumul Qur’an, Akhlak terhadap Alquran, Pengantar Ilmu Tafsir, Tasmi’ Qur’an, Menghafal Alquran, dan Membaca Alquran dengan Benar (Ilmu Tajwid).

Dosen STAIN Pekalongan Slamet Tohirin, S.Pd.I menjadi menjadi salah satu pemateri dalam agenda ini. Beliau menyampaikan bahwa dalam membaca Alquran memerlukan pembelajaran dan pembiasaan dalam kurun waktu yang berkala. Setelahnya, kita akan lebih mudah berakrab ria dengan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Usai penyampaian materi Ahad sore, perwakilan panitia bergegas menuju desa binaan yakni Desa Kregon, PekalonganTimur untuk membagikan paket ta’jil. Secara simbolis 50 paket ta’jil diserahkan pada Ketua RW untuk dibagikan kepada warga setempat.

Malam harinya, peserta dibebaskan melaksanakan agenda ibadah masing-masing. Kebanyakan peserta kemudian memilih mengisi waktu untuk tilawah Alquran dan i’tikaf. Mereka kembali berkumpul ketika waktu makan sahur. Terakhir, DQ ditutup selepas salat Subuh berjamaah yang diimami oleh Ketua Umum PK KAMMI Mataram Fajar Romadhona.

Penulis : Asep Setiawan

Editor : Nur Afilin

 

 

 

Leave a Reply

Scroll To Top