Tuesday , 17 July 2018
update
Dunia Berduka, AMP3 Adakan Aksi Penggalangan Dana

Dunia Berduka, AMP3 Adakan Aksi Penggalangan Dana

SURAKARTA—Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Palestina (AMP3) Soloraya menggelar aksi dan penggalangan dana dengan tema “Solidaritas untuk Palestina”. Aksi digelar pada Jum’at (11/7) pukul 13.00 hingga 15.10 WIB.

Aksi yang diawali longmarch sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan aksi teatrikal tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa dan elemen organisasi mahasiswa se-Soloraya, di antaranya LDK JN UKMI UNS dan LDF se-UNS, BEM se-UNS (FMIPA, FK, FP, FEB, FT, FKIP, FISIP), FAROIS Surakarta, PUSKOMDA FSLDK Soloraya, KAMMI Daerah Soloraya, Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Soloraya, Indonesia Tanpa JIL chapter Soloraya, Garuda Keadilan Soloraya, dan banyak mahasiswa lain se-Soloraya.

Sebelumnya, menurut berita dari Pusat Informasi Palestina yang diakses pada 10 Juli 2014 lalu, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan bahwa jumlah korban serangan militer Zionis Israel ke Jalur Gaza terus bertambah. Tercatat 82 warga Palestina Gaza gugur dan 500 orang luka-luka. Sementara menurut Komite Nasional untuk Rakyat palestina (KNRP), data selama sebulan terakhir serangan Israel ke Jalur Gaza adalah 75 warga syahid, 764 terluka, 751 kali serangan udara dilancarkan Israel,768 balasan tembakan roket dari Gaza ke wilayah Palestina yang dijajah Israel, serta 103 masjid dan rumah hancur akibat serangan Israel.

Palestina merupakan satu dari dua negara yang mengawali pengakuan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Namun, sejak tahun 1948, tanah Palestina dijajah oleh Zionis Israel dan hampir setiap tahun terus dibombardir tanah dan bangunan rumah mereka hingga jutaan orang menjadi korban.

“Kami mengecam dan mengutuk tindakan keji Zionis Israel. Jelas itu suatu pembantaian dan menyalahi prinsip kemerdekaan yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 negara kita,”ujar Ridwan, koordinator AMP3.

Di tengah bulan ramadhan seperti ini, Zionis Israel memang dikabarkan terus melancarkan serangan biadabnya. Korban dari kalangan warga sipil Palestina pun banyak berjatuhan.

Di akhir aksi tersebut, AMP3 Soloraya mengeluarkan pernyataan sikap sebagai berikut:

1. Mengecam dan mengutuk pembantaian Zionis Israel terhadap rakyat Palestina.

2. Bahwa pembantaian yang terjadi di Palestina bukan sekedar isu agama semata, tetapi sudah diluar batas kemanusiaan.

3. Menyerukan kepada mujahidin Palestina untuk terus menggencarkan jihad fi sabilillah untuk memertahankan kemerdekaan bangsanya.

4. Menuntut pemerintah Indonesia untuk terus menyuarakan kutukannya terhadap Zionis Israel, dan agar pemerintah mendesak dunia internasionalbersikap atas pembantaian rakyat Palestina, karena tidak sesuai dengan pembukaan UUD 45.

5. Menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mendoakan dan turut membantu meringankan penderitaan rakyat palestina.

Aksi penggalangan dana ini menghasilkan sumbangan sebesar Rp 39.038.550,00, 1 handphone nokia tipe 1280, dan 1 cincin emas.

Reporter : JN UKMI UNS

Editor : Nur Afilin

 

Leave a Reply

Scroll To Top