Monday , 17 December 2018
update
Grand Opening Rapimnas FSLDK III Hadirkan Gus Hamid

Grand Opening Rapimnas FSLDK III Hadirkan Gus Hamid

SURAKARTA— Jamaah Nurul Huda Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (JN UKMI) Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta, pada Jumat (24/20/2014) kemarin menggelar Grand Opening Rapat Pimpinan Nasional Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus III (Rapimnas FSLDK III) .

Aula Utama Masjid Nurul Huda kampus UNS menjadi saksi dari pembukaan gelaran nasional tersebut. Tahun ini UNS dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapimnas FSLDK III yang berlangsung pada Jumat hingga Ahad, 24-26 Oktober 2014.

Prof Sutarno selaku Pembantu Rektor 1 UNS sekaligus Ketua Presidium Takmir Masjid Nurul Huda UNS membuka secara resmi agenda itu.

Pelaksanaan Grand Opening FSLDK III dibarengi dengan Tabligh Akbar bersama Direktur Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS), Dr Hamid Fahmi Zarkasyi. Tema “Islam dan Tantangan Modernisasi” dipilih lantaran kegelisahan pada era sekarang yang membuat sebagian manusia mulai berpemikiran liberal.

Dalam ulasannya, Dr Hamid menyatakan bahwa kehidupan modern menjadikan banyak di antara manusia berpikir  secara modern pula.

“Sehingga, muncul anggapan bahwa kebenaran adalah relatif, nilai-nilai religiusitas tidaklah pantas untuk dikaitkan dengan kehidupan sosial. Padahal, ingatlah, bahwa Islam tidak akan dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, Ia adalah nilai yang paling agung dan tata aturan hidup yang paling memuliakan manusia,” kata  pria yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) itu.

Di akhir materi, pria yang kerap disapa Gus Hamid itu juga menegaskan bahwa salah satu cara kita untuk menghadapai tantangan modernisasi adalah dengan meluruskan dan membenarkan cara pandang kita terhadap sesuatu yang ada di sekitar kita.

“Tentunya, itu kita lakukan dengan nilai-nilai agung yang ada di dalam agama Islam,” pungkasnya.

Reporter : JN UKMI UNS

Editor : Nur Afilin

 

 

 

 

Leave a Reply

Scroll To Top