Friday , 19 October 2018
update
Irman Gusman : Demokrasi Menjamin HAM

Irman Gusman : Demokrasi Menjamin HAM

irman

TANGERANG-Irman Gusman, S.E., MBA., Ketua DPD RI, menyatakan bahwa demokrasi adalah alternatif dari sistem represif otoriterianisme. Pernyataan tersebut disampaikan dalam Stadium General di Muktamar VIII KAMMI hari ini, Sabtu (1/6).

“Demokrasi menjamin hak asasi manusia. Dahulu, tidak mungkin kita bisa bergeliat jika tidak dekat dengan kekuasaan, dengan Cendana. Tapi, dengan reformasi, hal itu bisa terjadi kini,” tutur Irman.

Di Aula Universitas Terbuka Tangerang ini, Irman mengingatkan dan membangkitkan semangat para kader KAMMI untuk meluruskan perjuangan reformasi. KAMMI dikatakannya memiliki peran besar dalam reformasi yang telah berusia lima belas tahun ini.

“Menjadi mahasiswa jangan hanya aktif di akademik saja. Mahasiswa harus mampu bermanfaat di banyak kegiatan kemasyarakatan,” tutur Irman di hadapan 400 peserta Muktamar KAMMI se-Indonesia.

“Kalian harus bangga berada di KAMMI. Jika Sukarno membutuhkan sepuluh pemuda untuk mengguncangkan dunia, maka sepuluh pemuda itu adalah pemuda KAMMI,” ucap Irman disambut takbir peserta Muktamar.

Irman juga menuturkan PR besar demokrasi bangsa ini. Pemberantasan KKN, adanya konstitusi yang kuat, supremasi hukum, kebebasan pendapat dan berserikat, kehidupan ekonomi, partisipasi dan budaya politik, kesemua hal itu adalah hal yang kata Irman perlu untuk dibangkitkan dari kehidupan demokrasi negeri ini.

“Tugas kita juga,” lanjut Irman, “adalah bagaimana Islam diimplementasikan dalam kehidupan sosial bukan sekadar ritual.”

Irman menyampaikan juga dalam pemaparannya akan pentingnya merealisasikan demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. “Dan bagaimana melahirkan pemimpin demokratis yang memiliki keislaman yang kuat, itu adalah tugas kalian para aktivis,” simpul Irman.

Sofistika Carevy Ediwindra

 

 

 

 

Leave a Reply

Scroll To Top