Monday , 25 June 2018
update
KAMMI Sikapi Penetapan Presiden 2014 Terpilih

KAMMI Sikapi Penetapan Presiden 2014 Terpilih

JAKARTA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden 2014 pada Selasa (22/7) lalu. Beberapa reaksi dari muncul merespon penetapan tersebut. Sebagai organisasi pergerakan mahasiswa, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) juga memiliki sikap tersendiri terkait hal tersebut.

Ketua Umum PP KAMMI Andriyana mengungkapkan, setelah mencermati keputusan KPU itu, KAMMI menyatakan tetap menghormati KPU sebagai otoritas penyelenggara pemilihan umum.

“Sudah semestinya kita hormati KPU sebagai pihak penyelenggara pemilu. Mereka telah bekerja keras selama ini. Terlebih KPU juga menampilkan hasil pindaian (scan) formulirC1 di website secara terbuka. Kami sangat apresiasi upaya itu,” kata Andriyana di Jakarta, Rabu (23/7).

Menanggapi langkah hukum yang kabarnya tengah dilakukan salah satu atau kedua pasangan kontestan Pilpres 2014, Andri mengaku juga menghormati tindakan tersebut.

“Tentu itu tetap perlu kita hormati, karena penyikapan terhadap proses dan hasil Pilpres juga merupakan hak yang sudah diatur dalam konstitusi dan aturan lain terkait penyelenggaraan Pilpres,” lanjut Andri.

Namun demikian, tambah Andri, dirinya mengajak seluruh masyarakat menahan diri dan terus berdoa demi kepemimpinan baru yang akan segera berlangsung di negeri ini. Dirinya berkeyakinan dukungan masyarakat dalam menciptakan suasana bangsa dan negara yang maju juga menjadi elemen terpenting selain presiden, wakil presiden, dan pejabat kenegaraan lainnya.

Adapun tentang posisi KAMMI pasca-pergantian kepemimpinan negara ini, dinyatakan oleh Andri, akan tetap berlaku kritis dan siap mengawal realisasi janji-janji kampanye presiden terpilih.

“Sebagai gerakan mahasiswa sudah pasti KAMMI akan tetap menggunakan nalar intelektual objektif demi kepentingan nasional bangsa Indonesia untuk mengawal jalannya pemerintahan baru ini ke depannya,” pungkas Andri.

Nur Afilin

 

Leave a Reply

Scroll To Top