Saturday , 21 October 2017
update
Kiat Mengubah Diri: Sebuah Resensi

Kiat Mengubah Diri: Sebuah Resensi

buku-Metamorfosa

Judul buku: Metamorfosa: Change Your Life, Touch Your Dream

Penulis: Rahman Patiwi

Penerbit: Mizania

Cetakan: I, Mei 2014

Tebal Buku: 166 halaman

ISBN: 978-602-4255-87-4

Setiap orang yang terlahir ke dunia ini pasti diberikan ciri khas masing-masing oleh Tuhan. Sekali pun di antara mereka ada yang terlahir kembar, pasti selalu ada perbedaannya, baik dari segi fisik maupun sifatnya. Begitu juga dengan kemampuan yang dimiliki seseorang, selalu ada perberbedaan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Tuhan itu Maha Berkehendak atas segala sesuatu. Dia-lah sang pencipta segala apa yang ada di jagat raya ini.

Segala sesuatu yang Tuhan inginkan pasti akan terjadi, termasuk nasib kehidupan seseorang. Namun, terkadang kita mengklaim bahwa hanya orang kayalah yang dapat hidup bahagia, sedangkan orang miskin itu selalu hidup sengsara. Anggapan seperti itu belum tentu selaras dengan “skenario” Tuhan. Bisa jadi yang ada justru malah sebaliknya. Untuk itu, berprasangka baik kepada-Nya adalah hal yang harus selalu kita lakukan, baik dalam keadaan senang maupun susah. Kita juga perlu berprasangka baik kapan pun dan di mana pun berada.

Termasuk perbuatan yang keliru ketika kita dalam keadaan miskin harta ialah beranggapan bahwa kita ini bukan siapa-siapa (no one), sehingga mengakibatkan kita cenderung bersantai-santai dalam berusaha mengarungi dinamika kehidupan. Kita kemudian menyalahkan takdir ketika tertimpa kegagalan atau mengungkapkan beberapa keluhan lainnya untuk sekadar menutupi kesalahan diri sendiri. Padahal, untuk menjadi seseorang yang diperhitungkan (someone), kita dituntut selalu optimis, berusaha keras, dan tak kenal keluh kesah dalam mewujudkan semua impian.

Bersikap optimis, berpikiran positif, bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas adalah kunci utama untuk mendapatkan apa saja yang kita inginkan (hal. 40-41). Dengan pikiran yang positif, segala sesuatu yang terjadi pada diri kita meskipun terasa pahit dan menyakitkan tidak serta merta menjadi objek keluh kesah. Sebaliknya, ia malah menjadi pelajaran yang sangat berharga sekaligus pemantik semangat yang baru dan powerful. Dengan pikiran positif pula, kerja keras, kerja cerdas, serta kerja ikhlas itu akan terasa lebih ringan untuk dilaksanakan.

Selain itu, konsep nilai yang harus kita tanamkan dalam diri untuk meraih impian adalah senantiasa meningkatkan kemampuan (valensi) dan prestasi diri (hal. 70). Jangan jadikan to have atau materi sebagai titik fokus dalam perjalanan meraih keinginan.Sejatinya, to have  itu akan mengalir sendiri melalui mekanisme alam. Ia mengalir sesuai dengan kemampuan dan prestasi yang ada pada diri masing-masing. Bukankah orang yang berprestai dan memiliki kemampuan diri yang lebih akan lebih mudah mendapatkan materi ketimbang yang tidak?

Valensi diri adalah keseluruhan tindak tanduk, metode berpikir, cara bersikap yang melahirkan keputusan, dan tindakan yang menjadi acuan untuk menentukan takaran dan kualitas diri kita (hal. 85). Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri adalah dengan meningkatkan valensi diri. Semakin tinggi tingkat valensi diri seseorang, semakin terbuka kemungkinan terjadi perubahan dalam hidupnya. Orang yang tingkat valensinya tinggi senantiasa suka akan tantangan yang baru.

Buku Metamorfosa: Change Your Life, Touch Your Dream merupakan buku yang mencatat perjalanan panjang seorang sopir angkot bernama Rahman Patiwi. Ia punya keinginan untuk menjadi seorang trainer kondang. Akhirnya, dia berhasil membuktikan bahwa kesuksesan dalam mengarungi kehidupan ini tidaklah diukur dari segi kaya atau miskinnya seseorang, melainkan ditentukan oleh kehendak Tuhan yang memberikan hadiah kesuksesan kepada kita yang mau bekerja keras dan tak pernah menyerah dalam mewujudkan semua impian.

Ibarat dalam ilmu perdagangan, antara harga dan kualitas itu saling berkorelasi. Harga ditentukan penjual, kualitas berada di tangan pembeli. Begitu juga dalam meraih sebuah impian. Hasil adalah sesuatu yang berada dalam kuasa Tuhan, sedangnkan cara (usaha) berada dalam genggaman kita sebagai pelaku usaha tersebut.

Selain merangkum perjalanan hidup dari sang penulis, buku ini juga berisi tentang kiat-kiat praktis untuk menggapai hidup yang lebih baik; dari biasa-biasa saja menjadi luar biasa; dari tak berharga menjadi istimewa. Bahasa yang digunakan pun cukup ringan, sehingga mudah untuk difahami oleh berbagai kalangan. Oleh karena itu, buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh orang-orang yang ingin bermetamorfosis from no one to someone. Selamat membaca.

Peresensi : Wahyu Eko Sasmito (Mahasiswa UIN Sunan Ampel, Surabaya)

Editor : Nur Afilin

 

Leave a Reply

Scroll To Top