Wednesday , 15 August 2018
update
Mahasiswa UNY Ciptakan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris

Mahasiswa UNY Ciptakan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris

YOGYAKARTA—Kelompok mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis mobile yang mencakup materi bahasa Inggris speaking, writing, listening, dan reading.

“Aplikasi itu memanfaatkan teknologi mobile pada smartphone. Aplikasi itu mempunyai karakter utama yakni ABI yang akan memandu untuk menggunakan aplikasi,” kata ketua kelompok mahasiswa Aziz Amirulbahar di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, aplikasi pembelajaran yang dikembangkan itu diberi nama “Apa Bahasa Inggrisnya”. Aplikasi itu beroperasi dengan platform Windows Phone dan ditujukan untuk anak-anak.

“Fitur yang disediakan aplikasi itu adalah kamus bahasa Inggris yang berisi kata-kata dan benda-benda sehari-hari yang ditemui,” lanjutnya.

Ia mengatakan, fitur speaking disediakan untuk menguji kemampuan mengucapkan kata dalam bahasa Inggris dalam bentuk kuis. Fitur writing untuk mencoba kemampuan menulisnya.

Selain itu, kata dia, juga ada fitur transalator yang akan menjadi kamus biasa yang menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

“Kami memilih membuat aplikasi bahasa Inggris karena bahasa Inggris di Indonesia termasuk peringkat paling rendah, yakni 60 dari 65 di dunia. Padahal, sebenarnya bahasa Inggris itu akan mudah jika dipelajari sejak dini,” katanya.

Aplikasi “Apa Bahasa Inggrisnya” itu saat ini sudah bisa diunduh secara gratis di Windows Phone Store.

Sumber : ANTARA

Editor : Nur Afilin

Leave a Reply

Scroll To Top