Thursday , 13 December 2018
update

Membaca Kisah Nabi Teladan Umat

muhammad bukuJudul buku: Muhammad The Greatest Story: Kisah Hidup Rasulullah Saw. for Teens

Penulis: S.M. Hasan Al-Banna

Penerbit: Mizania

Cetakan: I, November 2013

Tebal: 309 halaman

ISBN: 9786029255881

Muhammad The Greatest Story: Kisah Hidup Rasulullah Saw. for Teens adalah buku yang laik dibaca siapa saja, khususnya anak muda. Buku ini disajikan begitu detail dan renyah dari kisah hidup Nabi Saw.

Sebagai seorang Muslim, tentu kita harus tahu bagaimana perjalanan hidup dari Rasulullah. Mengapa demikian? Karena anak muda zaman sekarang telah banyak dijejali dengan tontonan dan budaya yang jauh dari tuntunan Nabinya. Inilah sebenarnya tantangan orang tua di era modern seperti sekarang ini. Maka, mau tidak mau orang tua harus mengenalkan sosok Nabi SAW yang penuh dengan keteladan yang luhur. Begitulah Allah telah berfirman dalam QS Al-Ahzab (33): 21.

Kehidupan Nabi sungguh merupakan materi yang kaya untuk semua generasi di mana saja dan kapan saja. Kisah hidupnya ibarat buku yang bisa dibaca kaum Muslim maupun non Muslim. Ia memberi banyak hikmah bagi yang mau merenungkan. (hal. 17) Sehingga, Nabi pun dikatakan sebagai rahmat untuk semua umat manusia. Kalau orang Islam sendiri tidak mau membaca sejarah nabinya sedangkan umat non Muslim yang malah membaca dan merenungkan, menjadi wajar jika perilaku anak muda Muslim sekarang jauh dari norma dan ajaran Nabinya. Karena itu, membaca, mengilhami, dan merenungkan kembali kisah hidup nabi menjadi penting dan wajib.

Membaca buku karangan S.M. Hasan Al-Banna ini, pembaca akan disuguhkan potret seorang nabi yang penuh keteladanan. Mulai dari semenjak dilahirkan, masa muda, hidup sebagai penggembala, ketika mendapatkan wahyu Alquran, kala berjuang di medan perang menghadapi orang kafir Quraisy, hingga beliau wafat semuanya sebagai refleksi untuk kita semua.

Menjadi wajar jika Muhammad SAW digambarkan oleh sejarawan kontemporer Amerika, Michael Hart (lahir April 1931) dalam bukunya “The 100; A rangking of The Most Influential Persons in History” sebagai sosok yang paling berpengaruh sepanjang sejarah kemanusiaan. Begitu mulianya makhluk utusan Allah SWT itu hingga Hart menempatkan Nabi Muhammad SAW di tempat pertama dari banyak tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah di dunia.

Nabi diutus Allah untuk meluruskan manusia yang waktu itu menyembah berhala dan sistem kepercayaan buatan mereka sendiri. Beliau juga bertugas menuntun umat manusia untuk menyembah Sang Maha Pencipta, Pemelihara, Penyedia, dan Penguasa seluruh alam semesta, yakni Allah SWT.  Nabi juga membebaskan masyarakat Arab yang buta aksara, tertinggal, dan membawa mereka dari kebodohan (kejahilan) menuju ke cahaya Islam. (hal.  22)

Sebab itu, perjuangannya itu patut ditiru. Beliau memang sosok revolusioner yang mampu memberikan kontribusi positif kepada siapa pun dan dimana pun. Dengan izin Allah, beliau membebaskan kehidupan masyarakat Arab dari kebodohan dan kemusyrikan, serta mampu mengubah sistem/tatanan masyarakat menjadi umat yang madani.

Tidak mudah pastinya dalam mengubah tatanan menjadi baik. Banyak tantangan yang dihadapi oleh Rasul. Semuanya itu tidak semudah membalikkan tapak tangan. Telah diceritakan mulai dari dakwahnya yang sembunyi-sembunyi, dilukai, dan disakiti oleh kaum kafir Quraisy, cemoohan, dan propaganda yang bertubi-tubi kepada beliau. Semuanya dihadapi oleh Nabi dengan penuh kesabaran dan keteguhan hati. Oleh karenanya, hal itu patut direnungkan kembali di dalam kehidupan kita.

Karena apa, apapun yang kita jalani di dalam dikehidupan yang pelik ini, sesulit apapun yang kita hadapi, jauh lebih sulit lagi ihwal apa yang dihadapi oleh Nabi SAW. Karenanya, kita tidak boleh cepat putus asa dan mudah mengeluh. Sebab, Nabi tidak mengajarkan yang demikian. Sebaliknya, beliau mengajarkan kita selalu positif dalam menatap masa depan. Tak ayal jika dalam jangka waktu kurang dari dua puluh lima tahun Rasulullah telah mampu mengubah total masyarakat Arab. (hal. 273)

Dengan susah payah Rasulullah menyeru umatnya untuk menyembah Allah semata, menyadarkan bahwa dirinya adalah utusan Allah, dan mendorong kepada masyarakat agar percaya ada kehidupan setelah kematian. Maka, perjuangannya itu tidak ada tandingannya sepanjang sejarah. Hanya beliau yang mampu mengubah kehidupan seluruh bangsa dalam waktu sesingkat itu.

Dengan membaca sejarah dan historiografi Nabi SAW, kita akan banyak mendapatkan hikmah dan tuntunan yang luhur dari beliau. Kesemuanya itu patut diteladani dan direnungkan kembali, khususnya anak muda saat ini. Maka, buku “Muhammad The Greatest Story: Kisah hidup Rasulullah SAW for Teens” ini pantas menjadi buku menjadi referensi utama. Selamat membaca.

Peresensi : Muhammad Autad An Nasher (mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Editor : Nur Afilin

Leave a Reply

Scroll To Top