Thursday , 24 August 2017
update
Mengeruk Untung dengan Bisnis Tour and Travel

Mengeruk Untung dengan Bisnis Tour and Travel

Judul Buku: Jadi Miliarder dari Bisnis Tour, Travel, Umrah, dan Paket-Paket Request Khusus + Waralabanya
Penulis: Rusdi Andika
Tebal: 204 hlm
Penerbit: FlashBooks
Cetakan: Pertama, 2014
ISBN: 978-602-255-715-9
Tour and travel? Siapa yang tidak menyukai kegiatan ini? Selain mengasyikkan karena dapat menikmati keindahan tempat-tempat pariwisata yang dikunjungi, tour and travel juga bernilai pendidikan. Kita dapat menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman tentang keadaan di luar yang belum kita ketahui sebelumnya, atau hanya tahu dari buku-buku dan majalah-majalah. Tapi sadarkah kita bahwa dalam kegiatan tour and travel ternyata ada peluang bisnis yang menjanjikan untung besar? Dan, ia memiliki prospek yang sangat cerah untuk bisnis kita? Sebuah prospek yang sangat gurih dinikmati.
            Rusdi Andika, yang sejak kuliah bergelut di bidang Pariwisata dan Perhotelan, serta berprofesi menjadi tour guide di sebuah perusahaan atau agen, kini berbagi tip berbisnis tour and travel kepada kita lewat bukunya yang berjudul Jadi Miliarder dari Bisnis Tour, Travel, Umrah, dan Paket-Paket Request Khusus + Waralabanya.
            Buku ini memandu kita bagaimana membuka usaha dengan bisnistour and travel yang menguntungkan. Dalam beberapa kegiatan pariwisata kita pun bisa menghasilkan sejumlah uang. Bisnis tour and travel atau biro perjalanan wisata (BPW) adalah bisnis yang menyediakan berbagai layanan kepada pelanggan termasuk pembelian tiket pesawat, bookingserta reservasi hotel dan resort, menciptakan jadwal perjalanan paket tur wisata atau pesiar, dan memberikan informasi tentang tujuan tertentu. (hlm. 11). Menurut buku ini bisnis tour and travel tidak memerlukan tempat yang besar tapi strategis.
            Bisnis tour and travel merupakan bisnis menguntungkan. Melihat keadaan masyarakat sekarang, prospek ini sangat dibutuhkan. Jika peluangnya sudah besar tentu pelakon bisnis ini akan menuai untung yang besar pula.
            Jika boleh saya mengatakan, di tahun 2014 (dan seterusnya) ini tidak ada bisnis yang lebih menjanjikan dan dapat mendatangkan omzet miliaran rupiah per bulannya sselain bisnis tour and travel. Pasalnya, jasatour and travel saat ini sangat dibutuhkan banyak masyarakat. Ditambah lagi, paket-paket yang ditawarkan dalam bisnis ini tidak hanya melulu paket wisata ke luar dan dalam negeri saja, tetapi juga paket wisata religi seperti umrah dan haji, sehingga target pasarnya semakin luas. (hlm. 21). Bukankah setiap tahun jama’ah haji dan umrah semakin bertambah?
            Untuk memulai bisnis ini kita harus mempersiapkannya secara matang. Segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis ini harus dikuasai terlebih dahulu. Mulai dari apa itu bisnis tour and travel, pihak-pihak yang terkait, paket wisata yang akan ditawarkan kepada klien, syarat-syarat yang harus dipenuhi, sampai pada cara mengelola dan mendirikan perusahaantour and travel dengan profesional.
            Buku ini menjelaskan hal-hal di atas. Juga menyajikan tempat-tempat wisata terfavorit yang banyak dikunjungi baik di dalam dan di luar negeri. Bahkan, biaya yang dibutuhkan dalam berbisnis.
            Salah satu tempat yang banyak dikunjungi orang adalah Arab Saudi. Mekkah dan Madinah. Berkunjung ke Arab Saudi untuk berwisata maupun pergi haji atau umrah tentu merupakan impian semua umat muslim. Sebab, selain bisa beribadah haji dan umrah, mereka juga bisa memperdalam wawasan sejarah Islamkarena di sana terdapat situs-situs sejarah Islam. (hlm. 52)
            Selain hal di atas, buku ini juga menyajikan contoh jadwal perjalanan wisata yang bisa dijadikan inspirasi dalam menyusun suatu jadwal perjalanan wisata. Dengan ketebalan 204 halaman, penulis menjelaskannya dengan lengkap.
            Buku panduan tour and travel ini layak kita baca, baik bagi orang yang belum tahu kalau ternyata dalam kegiatan pariwisata terdapat lowongan pekerjaan sehingga dapat meminimalisir angka pengangguran di negeri kita tercinta. Buku ini dapat dijadikan buku saku oleh orang yang mau mengeruk untung dengan bisnis tour and travel. Selamat membaca!
Peresensi : Elliya Nuril Karimah
Mahasiswi INSTIKA Guluk-Guluk Sumenep Madura Jawa Timur 69463.
Tinggal di Pondok Pesantren Kusuma Bangsa Putri Guluk-Guluk
Editor : SCE

Leave a Reply

Scroll To Top