Friday , 19 September 2014
update
Mensesneg: HUT 68 RI Hemat dan Khidmat

Mensesneg: HUT 68 RI Hemat dan Khidmat

JAKARTA – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi menyebutkan, sebagaimana dilaporkan situs Setkab Sabtu (10/8/2013), bahwa penyelenggaraan HUT RI harus memperhatikan situasi dan kondisi setempat. Untuk itu, Mensesneg menerbitkan Pedoman Peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia 2013.

Pemerintah mengimbau kementerian, lembaga negara, pemerintah provinsi, kabupaten, kota, dan perwakilan di luar negeri untuk menyelenggarakan secara meriah dan khidmat, namun dengan biaya sehemat mungkin.

Dalam menyelenggarakan hiburan, lanjut Mensesneg, mengimbau kepada penyelenggara untuk menjadikan momentum HUT RI sebagai sarana pendidikan dan hiburan bagi rakyat.

“Acara hiburan juga diadakan di wilayah kecamatan hingga kelurahan dan desa-desa, sehingga masyarakat menikmati dan berpartisipasi,” kata Mensesneg dalam pedoman itu.

Untuk menjaga ketertiban dan keamanan, serta kelancaran, Mensesneg mengingatkan, agar pihak penyelenggaran wajib berkoordinasi dengan aparat keamanan.

Hiburan, kata Sudi Silalahi, mengutamakan kekhasan atau tradisi daerah masing-masing.

Kepada seluruh masyarakat, instansi pemerintah, maupun lembaga swasta diwajibkan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama lima hari berturut-turut mulai 14 Agustus 2013 sampai dengan 18 Agustus 2013.

Pemerintah menetapkan tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2013 adalah: “Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat.”

Adapun kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tingkat pusat adalah sebagai berikut:

* Selasa 13 Agustus pukul 14.30 WIB Presiden Menganugerahi Tanda Kehormatan RI di Istana Merdeka.

* Kamis 15 Agustus pukul 16.00 WIB Presiden mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Negara.

* Jumat 16 Agustus pukul 09.00 Presiden menyampaikan Pidato Kenegaraan di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Ruang Nusantara Gedung MPR,DPR,DPD.  Di ruang sama pukul 14.00 Presiden menyampaikan Pidato Kenegaraan Pengantar / Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2014 beserta nota keuangannya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang DPR RI Tahun Sidang 2013 – 2014. Pada pukul 17.00 Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta.

* Sabtu 17 Agustus, pukul 10.00 WIB Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka. Pada 12.00 WIB Ramah Tamah dengan para perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, wredhatama, pahlawan nasional, dan Angkatan 45 di Istana Negara. Pukul 17.00 WIB Upacara Penurunan Sang Merah Putih di Halaman Istana Merdeka, diawali pertunjukan marching band dan kesenian pukul 15.30 WIB. Pukul 20.00 resepsi kenegaraan di halaman tengah Istana Merdeka dan Istana Negara.

* Ahad, 18 Agustus  Pukul 20.00 WIB silaturahmi dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Pasukan Kehormatan Taruna Akademi TNI dan Akademi Polisi, Orchestra Gita Bahana Nusantara, Para Teladan Nasional, serta Lomba dan Pameran Foto Indonesia 2013 di JI-Expo Kemayoran.

Sumber : Setkab

Editor : Nur Afilin

 

Leave a Reply

Scroll To Top