Thursday , 20 September 2018
update
Menundukkan Dunia dengan Menulis

Menundukkan Dunia dengan Menulis

Ungkapan ‘menundukkan dunia dengan menulis’ mungkin lebih sering kita ibaratkan dengan kudeta atau apalah yang berhubungan dengan pengambilan kekuasaa. Tetapi mungkin dengan cara menulis kita bisa juga menundukkan dunia. Coba saja kita contoh karya-karya Ibnu Sina tentang kesehatan/kedokteran. Karya itu sangat bermanfaat bagi kehidupan kita saat ini. Mungkin kita tidak sadar bahwa karya Ibnu Sina itu telah menundukkan dunia kedokteran dibanding karya kaum lain.

Menurut saya seperti itulah menundukkan dunia dengan tulisan.
Dengan menulis kita juga bisa menundukkan dunia dengan cara yang mungkin kelihatannya sangat sederhana. Namun dari kata-kata yang tertulis itulah muncul kata-kata atau tulisan yang bisa menginspirasi orang lain untuk bisa menjadi lebih baik, berani, semangat, dll.

Jikalau boleh jujur, saya juga heran dengan kata ‘menundukkan dunia dengan menulis’. Loh kok menulis bisa menundukkan dunia? Tetapi setelah saya pikir dengan jernih iya ternyata sebagai contoh paling dekat saya menuliskan satu kata yang menginspirasi saya dan kata itu bisa menundukkan dunia saya dan membuat saya lebih baik. Apalagi jika itu satu tulisan. Kita bisa menginspirasi orang lain meskipun hanya satu orang lain namun itu membuat kita bangga.
Maaf ceritanya cukup ngawur karena saya masih dalam tahapan belajar menulis yang baik dan benar.

Kalau boleh curhat, saya itu suka menulis keinginan-keinginan saya semacam planning saya. Itulah mungkin salah satu cara saya menundukkan dunia saya. Mimpi.

Penulis : Eko Prasetyo Iskandariyah, Siswa SMAN 1 Ciawi

Leave a Reply

Scroll To Top