Friday , 19 October 2018
update
Mulai Hari Ini Kemasan Rokok Tampil Lebih Seram

Mulai Hari Ini Kemasan Rokok Tampil Lebih Seram

JAKARTA – Mulai hari ini, Selasa (24/6), Pemerintah mewajibkan semua kemasan rokok yang beredar mencantumkan gambar kondisi organ tubuh yang rusak jika kebiasaan merokok tidak dihentikan. Ukuran gambar peringatan itu ditetapkan 40 persen dari total luas bungkus rokok. Dengan gambar seperti itu diharapkan jumlah perokok aktif di Indonesia bisa ditekan.

Aturan penempelan gambar bahaya merokok tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 109/2012. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menyosialisasikan lima gambar yang nanti dipasang di bagian atas bungkus rokok. Lima gambar itu adalah kanker mulut, kanker paru, dan bronkitis akut, kanker tenggorokan, merokok membahayakan anak (ilustrasi bapak menggendong anak sambil merokok), serta merokok membunuhmu.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono menuturkan, saat ini sudah ada 41 produsen rokok yang menyetujui kebijakan tersebut. Perusahaan rokok diberi waktu sampai tiga bulan untuk mendesain ulang bungkus rokok mereka.

“Gambar-gambar terkait bahaya rokok itu sudah lama diterapkan di luar negeri. Kita baru mulai,’’ katanya.

Dia menjelaskan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan menarik rokok-rokok yang kemasannya belum mencantumkan gambar bahaya merokok itu. “

Jika ada perusahaan rokok yang membandel tidak mau mencantumkan gambar itu, mereka akan dipidana 5 tahun dan denda Rp 500 juta,’’ tegas Agung.

Sumber : Jawa Pos

Editor : Nur Afilin

 

Leave a Reply

Scroll To Top