Wednesday , 17 January 2018
update
Peluncuran dan Bedah Buku Prof. Dr. H. M. Rasjidi

Peluncuran dan Bedah Buku Prof. Dr. H. M. Rasjidi

disc-rasjidi

Bismillahi Ar-Rahmani Ar-Rahim

Dengan izin Allah, saat ini kami sedang melangsungkan ikhtiar kami menerbitkan kembali buku-buku karya Prof. Dr. H. M. Rasjidi. Setelah sebelumnya kami Depok Islamic Study Circle Masjid UI bersama penerbit Kalam Ilmu Indonesia telah menerbitkan buku beliau yang berjudul “Empat Kuliah Agama Islam di Perguruan Tinggi”, kali ini kami menerbitkan buku beliau yang berjudul “Koreksi Terhadap Dr. Harun Nasution Tentang Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya”.

Oleh karena itu, kami hendak menyelesaikan satu lagi ikhtiar kami yakni mengadakan peluncuran dan bedah buku yang bertema “Prof. H. M. Rasjidi: Ulama-Guru Besar UI Penjaga Akidah Umat” insya Allah akan diadakan pada:

hari, tanggal: Jumat, 6 Jumadil Awwal 1435 AH atau 7 Maret 2014 CE

waktu: pukul 13.15-16.30 WIB

tempat: Ruang Apung Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia.

Akan menghadirkan:
Hidayat Achyar, S.H. (Murid Prof. Dr. H. M. Rasjidi)
Dr. Daud Rasyid, LC., M.A (Mantar Dosen IAIN Jakarta dan Pakar Hukum Islam)
Adnin Armas, M.A. (Pakar Pemikiran dan Peradaban Islam dari INSISTS)

Kami mengundang saudara-saudari sekalian untuk menghadiri acara ini. Silakan registasi via sms dengan cara ketik: Reg_Nama_Instansi_Nama Facebook kirim ke 085789828997.

Bagi 30 pendaftar pertama via sms akan mendapatkan satu buah buku Koreksi Terhadap Dr. Harun Nasution Karya Prof. Dr. H. M. Rasjidi. Buku diambil pada saat acara dilaksanakan. Tersedia juga sertifikat untuk 50 pertama dan diskon 50% bagi yang membeli buku tersebut pada hari acara. Fasyukran wa jazakumullahu khairan.

Siapakah Prof. Dr. H. M. Rasjidi?

Ia adalah putra kelahiran Kotagede, DIY pada 20 Mei 1915. Pernah menempuh studi di Darul Ulum dan Universitas Kairo pada awal 1930-an. Tahun 1946, ia diangkat menjadi Menteri Agama RI pertama di bawah Kabinet Sutan Syahrir. Jabatan duta besar di beberapa negara juga sempat dienyamnya. Gelar doctor diperolehnya dengan predikat cum laude di Universitas Sorbonne, Paris. Ia menyelesaikan doktornya saat masih menjabat anggota perwakilan Indonesia di PBB tahun 1950-an, yang ketika itu bermarkas di Paris. Tahun 1956, ia sempat menyelesaikan disertasinya di Sorbonne di bawah supervise seorang orientalis terkenal, Louis Massignon. Dua tahun kemudian, Pak Rasjidi diangkat menjadi Dubes RI untuk Pakistan. Ketika situasi negara tersebut dilanda kemelut, Pak Rasjidi memutuskan menerima tawaran untuk menjadi guru besar (Assiciate Professor) di McGill University, Montreal, Kanada. Ia mengajar mata kuliah Hukum Islam dan Sejarah. Sederet aktivitasnya di dunia Barat tidak membuat Pak Rasjidi silau dan terpukau dengan peradaban Barat. Sekembalinya ke Indonesia, ia aktif mengajar, menulis, dan mengkritisi pemikiran-pemikiran dan metodologi studi Islam gaya orientalis yang sering dihadapinya di Barat. Ia wafat pada 30 Januari 2001. (Sumber: Kata Pengantar Dr. Adian Husaini dalam buku “Empat Kuliah Agama Islam di Perguruan Tinggi”)

Sumber : Humas DISC Masjid UI

Editor : Nur Afilin

 

 

Leave a Reply

Scroll To Top