Monday , 24 September 2018
update
Rekonstruksi Gaza Butuh 20 Tahun

Rekonstruksi Gaza Butuh 20 Tahun

GAZA—Pembangunan kembali Gaza diperkirakan membutuhkan waktu 20 tahun. Kendala utama pembangunan wilayah itu adalah blokade yang masih berlaku. Demikian Shelter Cluster, organisasi yang dioperasikan Dewan Pengungsi Norwegia bekerja sama dengan Palang Merah Internasional serta UNHCR, menyebut dalam laporannya, Ahad (31/8).

Dalam laporan itu, disebutkan 17 ribu unit rumah di Gaza hancur atau rusak berat akibat serangan Israel beberapa pekan lalu. Sebanyak 5.000 unit rumah lain masih butuh penyelesaian setelah rusak pada serangan Israel sebelumnya. Gaza juga kekurangan rumah untuk memnuhi kebutuhan warganya sebanyak 75 ribu unit.

Rekonstruksi bergantung pada aliran barang yang diizinkan masuk oleh Israel ke Gaza. Namun demikian, hingga kini Israel dan Mesir tetap bersikap keras pada aliran barang.

Sampai sekarang blokade yang berlaku di Gaza sejak 2007 masih berlaku. Bahkan Israel sangat ketat meloloskan bahan bangunan ke Gaza. Mereka khawatir Hamas menyalahgunakan bahan itu untuk membuat senjata dan memperkuat pergerakan di banyak terowongan.

Sumber : Republika

Editor : Nur Afilin

 

Leave a Reply

Scroll To Top