Wednesday , 18 October 2017
update
Resensi Buku 130 Hadits tentang Wanita

Resensi Buku 130 Hadits tentang Wanita

Judul Buku: 130 Hadits tentang Wanita

Penulis: Abu Islam Ahmad bin Ali

Penerbit: Tinta Medina

Cetakan: I, Febuari 2015

Tebal Buku: xviii+174 Halaman

ISBN: 978-602-72129-0-9

Wanita adalah manusia yang begitu mulia di muka bumi ini, sampai-sampai  Allah mengabadikan wanita dalam Al-Qur’an dengan nama surah an-Nisa’ dan surah Maryam. Wanita adalah sosok yang amat sering dijadikan sorotan dalam setiap sudut kehidupan karena wanita adalah sosok yang mampu menjadikan dunia terasa lebih indah dan berwarna.

Allah menjadikan wanita sebagai penenang jiwa, raga, dan hati, selain sebagai tempat yang menyenangkan dan penghibur nurani. Namun, Allah juga mengingatkan agar kita waspada terhadap wanita. Sebab, wanita bisa menjadi musuh dan penyebab yang melalaikan dari mengingat Allah Swt.

Rasulullah Muhammad Saw., pernah bersabda,”Dunia ini adalah perhiasaan dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita shalihah.” Alangkah indahnya dunia ini jika dihiasi oleh para wanita dengan sifat-sifat yang mulia. Wanita yang shalihah adalah  yang taat kepada Allah Swt., berbakti kepada kedua orang tuanya, menjaga kehormatannya, tidak keluar rumah tanpa izin orang tua atau walinya, mengenakan hijab, menundukkan pandangan, taat kepada suaminya dalam hal yang tidak membuat Allah murka, menyenangkan jika suaminya memandang, serta menolong suaminya untuk taat kepada Allah Swt.

Dalam muqaddimahnya Abu Islam Ahmad bin Ali  penulis buku menjelaskan tentang ciri wanita shalihah. Wanita shalihah adalah yang tidak menampakkan perhiasannya kepada selain suaminya, menutupi kekurangan suaminya, qana’ah terhadap pemberian suaminya, menjaga diri dan harta suaminya saat suami tidak ada di rumah, tidak menyakiti suaminya dengan lisannya, serta tidak banyak menuntut. (Hal. ix)

Buku 174 halaman buah karya Abu Islam Ahmad bin Ali ini membahas tentang 130 hadis yang khusus tentang wanita. Mengingat urusan wanita yang seabrek berbeda dengan lelaki, maka Rasulullah Saw., pun menjelaskan secara khusus tentang perkara wanita. Mulai dari masalah haid, istihadhah, wiladah, juga masalah aurat. Rasulullah Saw., menjelaskan secara khusus karena semua itu akan berhubungan dengan ibadahnya kaum wanita.

Dari Sa’d bin Abi Waqqash, dari ayahnya, dari kakeknya R.A bahwa Rasulullah Saw., bersabda, “Ada empat sumber kebahagiaan seseorang, yaitu istri yang shalihah, rumah yang luas, tetangga yang baik, dan kendaraan yang nyaman. Juga ada empat sumber kesedihan seseorang, yaitu istri yang membangkang, tetangga yang jahat, kendaraan yang buruk, dan rumah yang sempit.” (HR Ibnu Hibban: 17/68) (Hal. 93)

Kutipan hadits di atas adalah satu hadits  dari 130 hadits yang ada dalam 130 Hadits tentang wanita, lengkap dengan nomor hadisnya. Akan tetapi sangat saya sayangkan karena tidak ada tafsir hadisnya walaupun sedikit, tidak adanya status tentang keshahihan hadis tersebut. Karena apabila lebih utama kalau kita mengamalkan hadits dari hadits yang status haditsnya shahih, diriwayatkan dari perawi atau melalui sanad-sanad yang terpercaya.

Buku ini berisi 130 hadits dengan terjemahannya yang apik dan pas sesuai dengan kaidah  bahasa Indonesia. Semua hadits yang dibahas berkisar tentang keseharian wanita, masalah haid maupun nifas, hingga tata cara menjadi ibu dan istri yang baik pun dibahas di sini. Kekurangan buku ini yakni hadits yang dibahas tidak dijelaskan kedudukan haditsnya maupun tafsirnya sehingga pembaca harus membuka referensi lain untuk mengetahuinya. Namun demikian, buku ini patut dibaca dan dimiliki setiap muslimah untuk dijadikan referensi, karena kita tahu bahwa pegangan hidup setelah Al-Qur’an adalah hadits.

 

Peresensi : Nailatus Sakinah, SI. Jurusan Tafsir Hadis IIQ Jakarta
Editor : SCE

Leave a Reply

Scroll To Top