Thursday , 16 August 2018
update
Ribuan Warga Banjarnegara Kesulitan Air Bersih

Ribuan Warga Banjarnegara Kesulitan Air Bersih

BANJARNEGARA—Ribuan warga sejumlah desa di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dilaporkan kesulitan memperoleh air bersih sehingga harus mencari ke wilayah lain.

“Kami memang menerima informasi kalau warga di wilayah pegunungan selatan Banjarnegara mulai kesulitan air bersih. Namun, sampai sekarang kami belum menerima permohonan bantuan penyaluran air bersih,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Tursiman, di Banjarnegara, Rabu (17/9)

Menurut Tursiman, warga di pegunungan selatan Banjarnegara yang meliputi Kecamatan Pagedongan, Bawang, Purwanegara, Mandiraja, dan Susukan itu masih bisa mendapatkan air bersih dari sejumlah mata air dan sungai di sekitar mereka.

Namun, dia mengatakan pihaknya siap menyalurkan air bersih jika ada permohonan bantuan dari warga melalui pemerintah desa setempat.

Berdasarkan data BPBD Banjarnegara, lanjutnya, sebanyak 21 desa yang tersebar di tujuh kecamatan termasuk wilayah rawan kekeringan.

“Mungkin kekeringan kali ini tidak separah kemarau tahun lalu. Apalagi beradasarkan informasi prakiraan cuaca dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), awal musim hujan di wilayah utara dan selatan Banjarnegara pada minggu pertama bulan Oktober, sedangkan wilayah tengah pada minggu kedua bulan Oktober,” ujarnya.

Sumber : Antara

Editor : Nur Afilin

 

Leave a Reply

Scroll To Top