Wednesday , 15 August 2018
update
Rumah Sakit dalam Peradaban Islam (part 3)

Rumah Sakit dalam Peradaban Islam (part 3)

Pada tulisan sebelumnya, sudah dibahas tentang rumah sakit dalam peradaban islam. Berikut beberapa Rumah Sakit Islam terkemuka dalam sejarah peradaban Islam:

1. Rumah Sakit Al-A’dudi.

Rumah Sakit Ini didirikan oleh A’dud-al-Dawlah ibn Buwayh di 371 H/ 981 M di Baghdad. Dua puluh empat dokter bekerja di rumah sakit itu pada awal didirikan, namun jumlah itu jauh meningkat kemudian. Rumah sakit ini memilki perpustakaan besar, apotek dan dapur, di samping sejumlah besar staf dan penyapu yang bekerja di rumah sakit itu. Selain itu, dokter bekerja dalam dua sip dalam melayani pasien. Jadi, dalm duapuluh empat jam sehari ada dokter di rumah sakit.

2. Rumah Sakit Al-Nuri di Damaskus.

Rumah Sakit Ini didirikan oleh Sultan Al-Adil Nur al-Din Mahmud pada tahun 549 H/ 1154 M. Rumah sakit ini menjadi salah satu rumah sakit terbesar karena terus bekerja untuk waktu yang sangat lama. Bahkan  menerima pasien sampai tahun 1317 H/ 1899 M, yaitu hampir delapan ratus tahun.

3. Besar Rumah Sakit Al-Mansuri HospitalThe Al-Mansuri:

Rumah Sakit Ini didirikan oleh Raja Al-Mansur Sayf al-Din Qalawun di Kairo pada 683 H/ 1284 M.  Rumah sakit ini memiliki kualitas akurasi, organisasi dan kebersihan. Selain juga mampu menampung lebih dari empat ribu pasien setiap  harinya.

4. Rumah Sakit Marakesh:

Rumah Sakit Ini didirikan oleh Al-Mansur Abu Yusuf Ya’qub, raja dinasti Almohad di Maroko, yang memerintah pada tahun 580-595 H/ 1184-1199 M. Rumah sakit  ini memadukan antara keunggulan kualitas  dan keindahan. Semua jenis pohon dan tanaman ditanam di rumah sakit, serta memiliki empat danau buatan kecil. Rumah sakit itu sangat maju dalam hal kemampuan medis, obat modern dan dokter terampil.  sebuah permata di dahi peradaban Islam.

Selain itu, ada rumah sakit yang hanya khusus menangani beberapa penyakit tertentu, seperti penyakit mata, lepra, penyakit mental, dan lain-lain. 

 

oleh : Najmu Fuady

sumber : islamstory

Leave a Reply

Scroll To Top