Wednesday , 21 November 2018
update
Salam UI Gelar Seminar Terbuka “The Path of Truly Muslimah”

Salam UI Gelar Seminar Terbuka “The Path of Truly Muslimah”

DEPOK—Departemen Kemuslimahan Nuansa Islam Mahasiswa Universitas Indonesia (Salam UI) bekerja sama dengan Serambi Fakultas Hukum (UI) UI telah menyelenggarakan program dakwah berjudul “The Path of Truly Muslimah: Menjawab Tantangan Perempuan Muslim Masa Depan”. Acara dilaksanakan di Auditorium Jokosoetono FH UI, Depok, Sabtu (2/5).

Pembicara yang hadir dalam acara itu ialah Netty Prasetiyani Heryawan, M.Si (aktivis sosial dan perempuan), Ledia Hanifah, S.Si, M.Psi (anggota Komisi VIII DPR RI), dan Dr. Dinar Dewi Kania (Peneliti Center of Gender Studies, INSISTS).

“Acara ini membahas peran dan kontribusi perempuan sesuai bidangnya masing-masing, tantangan dalam menyeimbangkan peran publik dan domestik, dan menjawab tantangan perempuan muslim pada masa depan,” kata Khaula Naqiyah Farhana selaku ketua pelaksana acara tersebut.

Pembicara memiliki pendapatnya masing-masing dalam memposisikan perempuan dalam hal kontribusi.

“Perempuan bukan objek pembangunan, tetapi perempuan subjek pembangunan,” ujar Netty Heryawan.

“Saya akhirnya memilih peran perempuan sebagai ibu di rumah dan peneliti karena saya ingin mengisi kekosongan perempuan pada pemikiran Islam dan Barat,” tandas Ibu Dinar Dewi Kania.

“Kita perlu banyak belajar, background pendidikan kita belum tentu cocok dengan pekerjaan kita, sistematika berpikir dan kecepatan belajar sangat penting,” kata Ledia Hanifah

Harapan dalam acara itu peserta bisa menempatkan dirinya untuk berkontribusi di bidang masing-masing sesuai core competence dan cita-citanya. Juga dalam berkontribusi tidak melupakan identitas sebagai muslimah yang kokoh dengan konsep dan implementasi Islamnya dan ibu peradaban. Karena sejatinya setiap muslimah memiliki peran publik dan domestik yang tidak bisa ditinggalkan dan juga bisa disinergikan dengan peran laki-laki untuk mencapai kebaikan bersama.

Reporter : Ary Maulana (Sosiologi FISIP UI, Sekjen Salam UI)

Editor : Nur Afilin

 

 

Leave a Reply

Scroll To Top