Wednesday , 18 October 2017
update
Sehat Jasmani-Ruhani Melalui Puasa

Sehat Jasmani-Ruhani Melalui Puasa

Judul Buku: Tata Cara dan Tuntunan Segala Jenis Puasa
Penulis: Nur Solikhin
Penerbit: Saufa (Diva Press)
Cetakan: 2015
ISBN: 978-602-7695-72-6
Tebal: 148 halaman

 

Sebagai seorang muslim, adalah termasuk bagian iman kita meyakini bahwa ketetapan-ketetapan dan aturan-aturan agama Islam sesuai dengan kemaslahatan kehidupan manusia. Ada banyak hikmah yang terdapat dalam ibadah puasa, baik secara dhahir (fisik) ataupun secara batin (jiwa). Orang awam selama ini menganggap bahwa puasa hanya membuat badan kita lemah, atau bahkan bisa saja menimbulkan penyakit-penyakit akibat perut kosong. Padahal, puasa menjadi sarana untuk menyehatkan badan.

Dalam buku yang ditulis oleh Nur Solikhin dengan judul “Tata Cara dan Tuntunan Segala Jenis Puasa” ini menjelaskan; puasa sudah diakui oleh kalangan dokter bahwa ia dapat membawa manfaat yang amat besar bagi kesehatan tubuh. Para dokter sering menganjurkan melakukan puasa kepada orang-orang yang mempunyai suatu penyakit yang susah disembuhkan. Puasa digunakan sebagai metode pengobatan, orang yang akan melakukan operasi harus berpuasa terlebih dahulu agar operasinya bejalan lancar. Selain itu, puasa akan membersihkan kotoran-kotoran organ dalam tubuh. Semisal, usus-usus memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa endapan makanan, meminimalisir kegemukan dan kelebihan lemak dalam perut, (halaman 34).

Hal ini telah dijelaskan sekitar 14 abad yang lalu oleh nabi Muhammad Saw., beliau bersabda, “Berpuasalah kalian, maka kalian akan sehat”. Jadi, puasa juga bisa dikatakan sebagai tempat fitnes untuk berolahraga, menyegarkan tubuh, dan menyehatkan badan. Selain menyehatkan badan, puasa juga bisa menyehatkan jiwa, puasa membuat jiwa stabil. Para psikolog juga menyarankan untuk melakukan terapi puasa bagi orang yang susah mengendalikan diri, terutama mengendalikan amarah. Puasa mampu mengendalikan diri agar tidak mudah diterpa guncangan jiwa, (halaman 8).

Dalam hadits lain juga dijelaskan bahwa orang yang susah untuk mengendalikan hawa nafsunya maka dia disarankan oleh Rasulullah untuk melaksanakan puasa. Jadi, puasa juga bisa meredam gejolak nafsu yang setiap saat selalu mengajak manusia untuk memenuhi panggilan syahwat, seks dan ambisi-ambisi lainnya, agar manusia terjatuh dalam jurang kehinaan.

Dalam buku ini dijelaskan salah satu fadhilah puasa adalah dapat mengosongkan hati untuk fokus berkontemplasi (bertadabbur dan berpikir) tentang kekuasaan Allah. Jadi, ketika kita senantiasa menjalankan puasa, baik wajib ataupun sunnah, maka kita akan semakin dekat dengan Allah Swt. Sebab itu semua, hati kita menjadi jernih, sehingga selalu terkait akan kehadiran dan pengawasan Allah, (halaman 17).

Terkait dengan hal puasa, buku terbitan Diva Press ini patut dijadikan rujukan untuk membimbing mereka melaksanakan ibadah puasa dengan baik. Di dalamnya dilengkapi dengan kisah-kisah nyata dan pengakuan tentang keistimewaan orang-orang yang rutin melakukan ibadah puasa. Selain itu, buku setebal 148 ini juga disertai dengan beberapa macam puasa sunnah berikut juga tata cara melaksanakannya. Selamat membaca.

 

Peresensi : Saiful Fawait, Siswa Kelas Akhir MA Tahfidh Annuqayah, Sekaligus Pem-Red Majalah Infitah MA Tahfidh Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep.
Editor : SCE

Leave a Reply

Scroll To Top