Wednesday , 21 November 2018
update
Sekjen PBB: Situasi Gaza Mengkhawatirkan

Sekjen PBB: Situasi Gaza Mengkhawatirkan

GAZA—Situasi Gaza saat ini, diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon pada Rabu (9/7), ialah sedang “berada di ujung tanduk”.

Pernyataan tersebut disampaikan Ban usai bertemu dengan sejumlah pemimpin dunia, termasuk di antaranya Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Presiden Palestina Mahmud Abbas, Presiden Mesir Abdul Fatal as-Sisi, dan juga Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry. Pertemuan tersebut digelar setelah pesawat-pesawat tempur Israel menggempur Gaza sehingga menewaskan puluhan orang.

Ban menilai spiral kekerasan dapat dengan cepat menjadi tidak terkontrol dan di saat bersamaan Timur Tengah menghadapi tantangan paling besar dalam beberapa tahun terakhir.

Aksi kekerasan tersebut merupakan bagian dari konfrontasi baru Israel dengan kelompok militan di Palestina yang membalasnya dengan tembakan rudal.

Ribuan warga Gaza saat ini terus berpindah tempat mencari perlindungan dari gempuran bom pesawat Israel.

“Saya sangat khawatir terhadap gelombang kekerasan baru di Gaza, Israel bagian selatan, dan juga Tepi Barat, termasuk di antaranya Yerusalem Timur. Ini adalah ujian paling kritis bagi kawasan (Timur Tengah) dalam beberapa tahun terakhir,” kata Ban.

Resiko meluasnya gelombang kekerasan ini, lanjut Ban, sangat besar terjadi.

“Gaza dan kawasan Timur Tengah secara keseluruhan, tidak boleh kembali mengalami perang,” harap Ban.

Ban juga mendesak Netanyahu untuk menahan diri dan menghormati kewajiban internasional mengenai perlindungan bagi masyarakat sipil.

Sumber : ANTARA

Editor : Nur Afilin

Leave a Reply

Scroll To Top