Wednesday , 17 January 2018
update
Serbu Kalisari, Ratusan Siswa Nonton Bioskop Sekolah

Serbu Kalisari, Ratusan Siswa Nonton Bioskop Sekolah

JAKARTA – Dalam upaya menarik minat para pelajar terhadap film yang bernuansa edukasi, PiDi Project bekerja sama dengan SDIT-SMPIT Insan Mandiri Kalisari menyelenggarakan Bioskop Sekolah.

Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala SMPIT Insan Mandiri Kalisari, Abdul Hakim, S.Kom, MM, salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah agar anak-anak menonton film sesuai tingkatan usianya. Hal ini mengingat selama ini banyak terjadi anak usia sekolah dasar menonton film yang secara tampilan dan muatannya kurang mendidik, merusak psikologis anak dan jauh dari nilai Islami.

“Kami mendukung program Bioskop Sekolah karena menampilkan film yang sesuai usia dan kebutuhan psikologis anak. Bagaimanapun perkembangan film khususnya anak harus sesuai dengan usianya sehingga bernilai produktif dan mencerdaskan generasi Indonesia di masa depan,“ jelas Hakim di Jakarta, Selasa (23/9) lalu.

Hakim menambahkan, selama kegiatan itu ada empat sentra kegiatan edukatif yang digelar untuk menarik minat peserta. Selain itu terdapat booth yang sengaja dibuat agar peserta dapat menikmati kegiatan secara gembira, variatif dan tidak merasa jenuh.

Para peserta dibagi menjadi 3 kelompok besar dan menuju ke masing-masing sentra kegiatan yaitu sentra Teater, sentra Open Casting dan Sentra Flip Book. Pada sentra Teater peserta akan emnonton film Galih-Leo yang berdurasi 60 menit kemudian membuat resensi atas film tersebut dan mengumpulkannya kepada panitia acara. Setelah menonton film peserta dapat meminum susu yang merupakan produk dari salah satu sponsor.

Pada sentra Open Casting, setiap 5 orang siswa akan memasuki ruangan casting dan menampilkan bakat mereka dalam berakting di hadapan panitia. Sementara pada sentra Flip Book peserta akan diajarkan untuk membuat flip book dengan terlebih dahulu membuat kreasi gambar sesuai imajinasi mereka.

Sebagai informasi, seluruh peserta kegiatan ini berjumlah 400 orang yang berasal dari SDIT Hidayatullah Cipayung, SDIT Insan Mandiri Jakarta, SDIT Insan Mandiri Greenvile, SMPIT Insan Mandiri Parung, TK Al Biruni dan TK Bintang Pelajar. Mereka mengikuti acara ini sejak pukul 08.00 sampai pukul 13.00 WIB.

“Harapan saya, setelah mengikuti acara ini anak-anak dapat memilih film yang edukatif sehingga terbentuk anak Indonesia yang cerdas. Orang tua dan guru juga diharapkan mampu mengarahkan anaknya agar dapat menonton film yang bersifat mendidik dan mencerahkan,“ tutupnya.

Penulis : Een Kurniati, Wakil Kepala SMPIT Insan Mandiri Kalisari Bidang Kurikulum

 

Leave a Reply

Scroll To Top