Wednesday , 13 December 2017
update
Siapkan Aktivisme Pasca-Kampus,  KAMMI Gelar Pelatihan “Post-Graduate Planning”

Siapkan Aktivisme Pasca-Kampus, KAMMI Gelar Pelatihan “Post-Graduate Planning”

 

 CIMAHI—Beralihnya tren zaman dari konvensional menuju digital perlu direspons dengan penyiapan kompetensi yang memadai. Atas dasar itu, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menggelar pelatihan Post-Graduate Planning pada Jumat-Minggu, 16-18 September 2016, di Kota Cimahi. Pelatihan ini menghadirkan Anggota DPR RI Sodiq Mujahid, konsultan politik dan pembangunan Henry Baskoro, Founder Indonesian Future Investment Connection Omar Rofil, dan CEO Greatman Indonesia Robert Edy Sudarwan.

Dalam pelatihan yang terselenggara berkat kerja sama PP KAMMI, PW KAMMI Jawa Barat, dan PD KAMMI Bandung itu, puluhan peserta mendapat materi dan workshop seputar visi masa depan diri dan bangsa, business model canvas, serta bedah tiga sektor kehidupan (sektor publik, swasta, dan  sektor ketiga).

Robert Edy Sudarwan menyampaikan dalam materinya, bahwa ideologi aktifis kampus setelah lulus semestinya tetap bisa dijaga. Di saat yang sama, pemantapan kompetensi diri para aktifis harus juga berjalan.

“Itu semua diperlukan lantaran idealisme aktifis semestinya tidak berhenti pada kesuksesan pribadi semata, tetapi juga cita-cita bangsa. Demi mewujudkan kejayaan Indonesia dan meretas persoalan bangsa, SDM yang unggul menjadi prasyarat mutlak,” kata Robert.

Sementara itu, Omar Rofil memandang, kesuksesan pasca-kampus membutuhkan perencanaan yang matang sedini mungkin.

“Pola perubahan menutut anak muda merencanakan pola kesuksesan yang berbeda dengan era sebelumnya. Pola itu biasa disebut sebagai business model,” ujar Omar.

Omar memberi contoh Pertamina yang sukses menyesuaikan diri dengan zaman. Bahkan, Omar menilai keputusan Pertamina mengubah logonya sebagai pertanda BUMN ini siap bersaing di tengah perubahan zaman.

“Akankah anak muda hari ini mau berubah dan mempersiapkan masa depannya dengan lebih baik? Semoga business model canvas yang kita pelajari di sini banyak membantu aktivisme kalian nantinya,” simpulnya.

(NA)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Scroll To Top