Tuesday , 18 December 2018
update
Sosmas KAMMI Bandung Kembali Beraksi

Sosmas KAMMI Bandung Kembali Beraksi

BANDUNG—Bergerak, Dinamis, Solutif! Berbekal jargon itu, Departemen Sosial Masyarakat (Dep. Sosmas) Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PD KAMMI) Bandung pada 22-23 Februari kemarin kembali melangsungkan agenda lanjutan bakti sosial di Kampung Cigadung, Cililin. Agenda berkelanjutan ini merupakan rangkaian agenda bakti sosial merespon bencana longsor setahun yang lalu.

Kegiatan bertema “KAMMI Berbagi Keceriaan Bersama Warga Cililin” ini diisi dengan berbagai acara yang asyik dan bermanfaat bersama warga sekitar. Pada hari pertama, Sabtu (22/2), dilakukan agenda penanaman pohon sebagai tindak lanjut rehabilitasi lingkungan atas bencana longsor yang terjadi. Pada hari itu diresmikan juga sebuah perpustakaan mini untuk menumbuhkan budaya membaca bagi warga. Adapun agenda pada malam harinya dilanjutkan dengan nonton bareng untuk mengisi malam minggu dengan warga sekitar.

Pada hari kedua, Ahad (23/2), agenda dilanjutkan dengan berbagai perlombaan untuk anak-anak dan ibu warga Kampung Cigadung. Perlombaan yang diadakan seperti Islamic Ranking Satu, Tiup Balon dan Balap Maraton Karet untuk anak-anak. Untuk kaum ibu juga ikut digelar lomba memasukkan paku ke dalam botol.

“Seru, Senang,” ucap Ahmad, salah satu anak warga Kp. Cigadung.

Namun, ada beberapa agenda yang rencananya dilaksanakan harus tertunda pada waktu yang lain, seperti pelayanan kesehatan dan mitigasi bencana.

Kegiatan ini sendiri, menurut Ketua Pelaksana Angga Ervan, khususnya penanaman pohon merupakan agenda terakhir dari rehabilitasi lingkungan karena ke depannya Dep. Sosmas PD KAMMI Bandung akan fokus pada peningkatan perekonomian sehingga dapat menumbuhkan taraf hidup warga Kp. Cigadung.

“Ke depan, kami akan mencoba memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan perekonomian bapak dan ibu sekalian dari apa yang dihasilkan kegiatan sehari-hari warga, seperti menjahit dan produk makanan siap jual,” terang Kadep Sosmas Julhayadi.

Kegiatan ini juga terselenggara atas kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, di antaranya Kepala Dusun Cikoneng, Dinas Pehutanan dan Pertanian, BPBD Jawa Barat, serta Pengurus Pusat KAMMI.

Reporter : Fath

Editor : Nur Afilin

 

Leave a Reply

Scroll To Top