Saturday , 18 November 2017
update
Sukses Berbisnis

Sukses Berbisnis

problem solving-buku

Judul : 101 Problem Solving of Masalah Pemasaran Produk

Penulis : John Afifi

Tebal : 170 hlm

Penerbit : Laksana

Terbitan : Agustus 2014

ISBN : 978-602-255-648-0

Menjadi pebisnis atau pengusaha adalah dambaan setiap orang. Faktor pendorongnya bisa berupa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, hobi, atau tuntutan keluarga karena berasal dari keturunan pebisnis. Bahkan, ada pula pernyataan bahwa di zaman ini kita harus berjiwa enterpreneur.

Setiap orang sebenarnya mempunyai peluang berbisnis, baik kecil-kecilan maupun bisnis besar dengan ruang lingkup nasional bahkan internasional. Bisa juga berbisnis dengan tujuan tertentu. Bahkan orang kaya pun mestinya turut berbisnis demi menjaga kesejahteraan hidupnya. Apalagi bagi orang-orang miskin sudah pasti tidak boleh ketinggalan dari setiap peluang yang ada di depan mata. Jika ingin hidup sejahtera, maka tidak boleh tinggal diam. Sebagai makhluk yang dilengkapi dengan akal manusia kita seharusnya mengembangkan ide agar hidup bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Berbisnis juga membutuhkan strategi efektif  agar mendatangkan hasil sesuai rencana. Bisnis dengan strategi yang salah akan berbuah kehancurcan. Bukan mendatangkan hasil, tapi menguras modal. Untuk itu, para pembisnis harus tahu dan berpengalaman dalam melakukan bisnisnya. Mereka harus menguasai bisnis yang sedang digelutinya. Pun mereka perlu siap siaga dengan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Dengan demikian, kehadiran buku “101 Problem Solving of Masalah Pemasaran” ini amat berguna untuk para pebisnis baik pemula atau yang sudah lama bergelut dalam dunia bisnis. Buku yang ditulis John Afifi, seoorang yang berpengalaman dalam dunia bisnis. Melalui bukunya itu, penulis berbagi beberapa strategi pemasaran yang harus dikuasai oleh pebisnis. Kesuksesan suatu bisnis salah satunya memang tergantung pada strategi pemasaran. Orang yang mempunyai strategi baik dalam pemasaran, bisnisnya cenderung akan maju.

Buku ini menyuguhkan beberapa problem solving beragam masalah yang sering dihadapi dalam pemasaran sebuah produk. John Afifi membagi pembahasan dalam buku ini menjadi enam bagian. Bagian pertama tentang problem solving yang berhubungan dengan produk (hlm. 13-37). Bagian kedua problem solving yang berhubungan dengan konsumen (hlm. 38-62). Bagian ketiga tentang problem solving yang berhubungan dengan iklan/promosi (hlm. 63-91). Bagian keempat tentang problem solving yang berhubungan dengan egarator (hlm. 92-115). Bagian kelima tentang problem solving yang berhubungan dengan pemasaran (hlm. 116-141).  Bagian keenam sekaligus pembahasan pamungkas tentang problem solving yang berhubungan dengan pelayanan dan omzet penjualan (hlm. 142-166).

Langkah-langkah yang dipaparkan John Afifi dalam buku ini sangat konkret, praktis, dan mudah dipraktekkan. Bahasa yang digunakan tidak terkesan menggurui. Dengan ketebalan 170 halaman. John Afifi menyajikan gagasannya dengan ringan namun lengkap.

Namun demikian, dalam pandangan peresensi, buku ini akan lebih lengkap lagi jika penulis menyajikan beberapa macam bisnis atau peluang bisnis yang bisa digeluti saat ini. Faktanya, banyak orang yang belum berbisnis sekarang lantaran merasa bingung harus berbisnis. Dengan demikian, pengangguran di Indonesia pun bisa sedikit berkurang lantaran mereka bisa menjalani dunia usaha.

Akhirnya, buku yang diterbitkan oleh Penerbit Laksana ini layak dibaca oleh siapa saja, baik pebisnis mereka yang belum bergelut dalam dunia bisnis. Buku ini juga cocok untuk pebisnis pemula atau pembisnis yang sudah lama. Selamat membaca dan memraktekkannya.

Peresensi: Elliya Nuril Karimah (LPM Dinamika INSTIKA, Guluk Sumenep)

Editor : Nur Afilin

Leave a Reply

Scroll To Top